Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Materi Evolusi untuk Kelas XII Fase F SMA/MA

Mahrani Wina (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Vivi Fitriani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Liza Yulia Sari (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil validitas E-modul berbasis Project Based Learning pada materi Evolusi untuk kelas XII Fase F SMA/MA. Hal ini didasari oleh perkembangan teknologi, dimana peserta didik lebih sering menggunakan smartphone untuk mencari materi dibandingkan buku cetak. Selain itu, di dalam E-modul masih terdapat kekurangan dalam mencantumkan materi kekinian yang sesuai dengan capaian pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D ( Reseach & Development) dengan model pengembangan 4D (four-D Models), terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop yaitu pada uji validitas, data penelitian ini diperoleh dari angket validitas yang diberikan kepada 2 orang dosen dan 1 orang guru biologi. Hasil dari uji validitas memperoleh rerata 95,32% dengan kriteria sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan E-modul berbasis Project Based Learning pada materi Evolusi yang sangat valid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...