Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Metode Simulasi Real Bazar terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 189 Barru

Haliyah, Andi (Unknown)
W, Muhammad Fahreza (Unknown)
Nurdin, Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui gambaran umum penerapan metode simulasi real bazar siswa kelas V UPTD SD Negeri 189 Barru. 2) Untuk mengetahui gambaran umum minat berwirausaha siswa kelas V UPTD SD Negeri 189 Barru. 3) Untuk menganalisis pengaruh Metode Simulasi Real Bazar terhadap peningkatan Minat Berwirausaha Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 189 Barru. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa 1) penerapan metode simulasi real bazar di kelas V UPTD SD Negeri 189 Barru dilaksanakan melalui kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif dalam situasi belajar berbasis praktik langsung. 2) Minat berwirausaha siswa kelas V menunjukkan potensi yang cukup baik. Sebelum penerapan metode simulasi real bazar, minat berwirausaha cenderung bersifat pasif, ditandai dengan kurangnya pemahaman terhadap konsep kewirausahaan dan rendahnya antusiasme siswa terhadap kegiatan yang berhubungan dengan wirausaha. Dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Simulasi Real Bazar dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 189 Barru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...