Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Kepemimpinan Etis terhadap Kinerja Guru

Fiqih, Muhammad (Unknown)
Darmawan, Didit (Unknown)
Masnawati, Eli (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Studi literatur ini mengkaji pengaruh kepemimpinan etis terhadap kinerja guru di berbagai Sekolah. Untuk meningkatkan kinerja guru yang positif, guru harus mendapatkan kepemimpinan yang dilandasi oleh nilai-nilai etis. Upaya membangkitkan kinerja guru diperlukan agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif. Studi ini menerapkan metode kajian literatur melalui analisis terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan etis memiliki kontribusi nyata untuk meningkatkan kinerja karyawan, khususnya guru di sekolah. Kepemimpinan etis yang diantaranya terdapat beberapa aspek yaitu menjadi teladan yang baik, menghormati setiap orang, memiliki komunikasi yang terbuka dan bersikap adil terbukti dapat memberikan pengaruh yang signifikan kepada kinerja guru dan kepuasan guru. Dengan demikian diharapkan akan berdampak positif terhadap pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...