Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Analisis Perbaikan Transformator Berdasarkan Hasil Pengujian Dga di PLTU Gresik

Djamin, Martin (Unknown)
Sartono, Kajat (Unknown)
Suryadi, Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Pemantauan kualitas minyak transformator sangat penting untuk menjamin performa transformator bekerja dengan baik. Kondisi minyak transformator yang buruk akan mempengaruhi efisiensi dan kehandalan transformator seperti berkurangnya fungsi isolasi minyak dan fungsi sebagai pendingin transformator. Di samping itu, efisiensi perawatan juga harus terus ditingkatkan untuk mencegah kegagalan operasional dan meminimalisasi biaya operasional. Untuk menghadapi permasalahan ini, maka dilakukan pengecekan kualitas minyak dan gas yang terlarut dalam minyak transformator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kegagalan pada transformator menggunakan analisa pada hasil DGA. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, transformer akan dipurifikasi agar kontaminasi pada minyak berkurang. Setelah itu transformator akan kembali di-energize. Pada saat pengujian pompa minyak, muncul masalah baru yaitu sinyal gas trap aktif. Sinyal trip pada gas trap berarti muncul gas dari dalam transformer dalam jumlah banyak. Dalam hal ini segera dilakukan langkah berikutnya yaitu pengecekan seluruh valve pada transformator tersebut. Terdapat salah satu valve dengan kinerja yang kurang sempurna, sehingga banyak gas-gas yang mungkin terperangkap didalam valve tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...