Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Penerapan Deep Teaching untuk Meningkatkan Kualitas Diskusi dalam Pembelajaran Fiqh di Perguruan Tinggi Islam

Sari, Windy Dian (Unknown)
Rahmawati, Sri Tuti (Unknown)
Sarnoto, Ahmad Zain (Unknown)
Hidayat, Rachmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Deep Teaching adalah metode pengajaran yang menekankan pemahaman mendalam, refleksi kritis, serta keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan fiqh di perguruan tinggi Islam, penerapan Deep Teaching diharapkan mampu meningkatkan kualitas diskusi akademik dan pemahaman mahasiswa terhadap hukum Islam. Artikel ini membahas prinsip-prinsip Deep Teaching, manfaatnya dalam pengajaran fiqh, serta strategi implementasinya dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Deep Teaching dalam pembelajaran fiqh mampu meningkatkan pemahaman konseptual, argumentasi kritis, serta keterlibatan aktif mahasiswa dalam diskusi. Kesimpulan dari artikel ini menegaskan bahwa Deep Teaching dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqh di perguruan tinggi Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...