Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Implementasi Pengaruh Pembelajaran Tambahan terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Krembangan Selatan X Surabaya

Nabilah, Naila Fikrotun (Unknown)
Ghufron, Syamsul (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Mariati, Pance (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran tambahan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Krembangan Selatan X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan setelah penerapan pembelajaran tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest siswa adalah 37,00, yang tergolong rendah. Setelah mengikuti pembelajaran tambahan, rata-rata skor posttest meningkat signifikan menjadi 76,00. Uji-t yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tambahan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran tambahan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, khususnya dalam memahami teks bacaan. Oleh karena itu, disarankan agar program serupa diterapkan di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kemampuan literasi secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...