Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran tambahan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Krembangan Selatan X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan setelah penerapan pembelajaran tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest siswa adalah 37,00, yang tergolong rendah. Setelah mengikuti pembelajaran tambahan, rata-rata skor posttest meningkat signifikan menjadi 76,00. Uji-t yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tambahan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran tambahan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, khususnya dalam memahami teks bacaan. Oleh karena itu, disarankan agar program serupa diterapkan di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kemampuan literasi secara keseluruhan.
Copyrights © 2025