Membaca (qira'ah) merupakan proses menemukan bahasa. Bisa dilakukan langsung dengan cara anak-anak (akuisisi) untuk menemukan bahasa pertama, dan dapat juga dilakukan oleh orang dewasa yang mempelajari bahasa kedua dengan pembelajaran formal. Pengajaran-membaca metode adalah suatu sistem untuk dengan mudah menerapkan aktivitas yang berkaitan dengan masa kini subjek untuk menemukan makna dari teks bacaan. Tujuan mengajar membaca adalah menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan membaca yang meliputi: mengenali simbol abjad atau huruf arab dan untuk memahami isi bacaan. Di dalam mengajar membaca, metodenya disesuaikan dengan jenis dan tujuan pengajaran sebagai metode parsial yang digunakan untuk mengenali simbol atau alfabet Arab yang ada kata majemuk, dan metode analisis digunakan untuk memahami bacaan konten dengan beberapa metode seperti; membaca nyaring, strategi teks acak, panduan membaca, membaca diam dll. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil didapatkan di lapangan penelitian adalah dalam merancang pembelajaran ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, yaitu kegiatan pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes, dan kegiatan lanjutan.pembelajaran Arab berdasarkan kemahiran berbahasa dibagi menjadi enam, yaitu strategi pembelajaran mufradat, pembelajaran tarkib, strategi pembelajarn istima’, strategi pembelajaran kalam, pembelajaran qira’ah, dan pembelajaran kitabah.
Copyrights © 2025