Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Urgensitas Pembelajaran Qira'ah Bagi Siswa Kelas VIII Darel Hikmah Pekanbaru

Anuar, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Membaca (qira'ah) merupakan proses menemukan bahasa. Bisa dilakukan langsung dengan cara anak-anak (akuisisi) untuk menemukan bahasa pertama, dan dapat juga dilakukan oleh orang dewasa yang mempelajari bahasa kedua dengan pembelajaran formal. Pengajaran-membaca metode adalah suatu sistem untuk dengan mudah menerapkan aktivitas yang berkaitan dengan masa kini subjek untuk menemukan makna dari teks bacaan. Tujuan mengajar membaca adalah menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan membaca yang meliputi: mengenali simbol abjad atau huruf arab dan untuk memahami isi bacaan. Di dalam mengajar membaca, metodenya disesuaikan dengan jenis dan tujuan pengajaran sebagai metode parsial yang digunakan untuk mengenali simbol atau alfabet Arab yang ada kata majemuk, dan metode analisis digunakan untuk memahami bacaan konten dengan beberapa metode seperti; membaca nyaring, strategi teks acak, panduan membaca, membaca diam dll. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil didapatkan di lapangan penelitian adalah dalam merancang pembelajaran ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, yaitu kegiatan pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes, dan kegiatan lanjutan.pembelajaran Arab berdasarkan kemahiran berbahasa dibagi menjadi enam, yaitu strategi pembelajaran mufradat,  pembelajaran tarkib, strategi pembelajarn istima’, strategi pembelajaran kalam,  pembelajaran qira’ah, dan pembelajaran kitabah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...