Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Pengajaran Kitabah Kepada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru

Anuar, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Pengajaran Kitabah atau keterampilan menulis memainkan peran penting dalam pendidikan bahasa. Tujuan utama dari pengajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa MTS kelas VII yang ada di Darel hikmah ekanbaru khususnya untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan perspektif mereka secara tertulis. Tulisan  ini membahas definisi Kitabah, tujuan pengajarannya, strategi yang efektif dalam pembelajaran, dan tantangan yang dihadapi dalam proses pengajaran. Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis yang baik, meningkatkan kreativitas, dan mempersiapkan diri untuk berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, data yang dikumpulkan dengan menggunkan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di sekolah MTS kelas VII Darel hikmah, Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang pengajaran Kitabah sangat penting untuk membekali siswa MTS VII  dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru adalah keselarasan seluruh komponen pembelajaran yaitu pembelajaran Bahasa Arab secara sistematis, metode pengajaran yang digunakan sesuai bahan ajar Al-kitab, guru melengkapi media yang ada dengan membuat media sendiri, yang sesuai dengan sifat siswa. Penggunaan strategi pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan kemampuan menulis arab siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...