Pengajaran Kitabah atau keterampilan menulis memainkan peran penting dalam pendidikan bahasa. Tujuan utama dari pengajaran ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa MTS kelas VII yang ada di Darel hikmah ekanbaru khususnya untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan perspektif mereka secara tertulis. Tulisan ini membahas definisi Kitabah, tujuan pengajarannya, strategi yang efektif dalam pembelajaran, dan tantangan yang dihadapi dalam proses pengajaran. Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis yang baik, meningkatkan kreativitas, dan mempersiapkan diri untuk berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, data yang dikumpulkan dengan menggunkan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di sekolah MTS kelas VII Darel hikmah, Penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang pengajaran Kitabah sangat penting untuk membekali siswa MTS VII dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru adalah keselarasan seluruh komponen pembelajaran yaitu pembelajaran Bahasa Arab secara sistematis, metode pengajaran yang digunakan sesuai bahan ajar Al-kitab, guru melengkapi media yang ada dengan membuat media sendiri, yang sesuai dengan sifat siswa. Penggunaan strategi pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan kemampuan menulis arab siswa.
Copyrights © 2024