Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas individu, salah satunya melalui metode pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuanmuntuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall dan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa di SDN Sidosermo 1 Surabaya. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, melibatkan 53 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan Wordwall dan menerima reward, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Sebanyak 10 soal pre-test dan post-test diberikan untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi pecahan, dengan tingkat kesulitan soal yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata meningkat dari 83,00 (pre-test) menjadi 85,63 (post-test). Analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000, yang mengindikasikan pengaruh positif penggunaan Wordwall dan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulannya, kombinasi media pembelajaran Wordwall dan sistem reward terbukti efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi guru untuk mengadopsi metode pembelajaran yang lebih interaktif dan memotivasi.
Copyrights © 2025