Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Penggunaan Aplikasi Berbasis Digital Nahwu Shorof Pemula Lengkap dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik di Kelas X MAN 1 Kota Sukabumi

Abdulhakim, Azmi (Unknown)
Sopyan, Iman (Unknown)
Sulmiana, Sulmiana (Unknown)
Hilman, Cecep (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penggunaan aplikasi berbasis digital untuk pembelajaran nahwu shorof menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, terutama di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi nahwu shorof pemula lengkap dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas X di MAN 1 Kota Sukabumi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif di MAN 1 Kota Sukabumi, menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi berbasis digital ini secara signifikan membantu siswa memahami konsep nahwu dan shorof dengan lebih mudah dan menarik, meningkatkan minat belajar, serta mempercepat proses penguasaan materi. Aplikasi ini juga memberikan dampak positif pada pembelajaran mandiri siswa, dengan fitur interaktif yang mempermudah akses materi kapan saja dan di mana saja. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi nahwu shorof pemula lengkap efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, sekaligus menjadi media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...