Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Analisis Ulasan Pengguna Aplikasi Layanan Publik Berbasis Pemrosesan Bahasa Alami dan BERTopic

Jabar, Jaka Abdul (Unknown)
Gultom, Rudy Agus Gemilang (Unknown)
Wadjdi, Achmad Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi ulasan pengguna Polri Super App di Google Play Store untuk mengidentifikasi masalah yang memengaruhi kepuasan pengguna. Dengan menggunakan teknik pemodelan topik berbasis Natural Language Processing (NLP), khususnya BERTopic, kami menganalisis 12.230 ulasan yang dikumpulkan antara Mei 2022 hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ulasan memberikan peringkat rendah, dengan lebih dari 50% pengguna memberikan peringkat satu bintang. Tema utama yang teridentifikasi mencakup masalah teknis seperti pembayaran yang kedaluwarsa, aplikasi yang sering tertutup sendiri (force close), waktu muat yang lama, dan kesulitan dalam verifikasi kode OTP. Temuan ini menyoroti perlunya perbaikan mendesak pada aspek fungsional inti aplikasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Selain itu, penelitian ini menegaskan bahwa ulasan pengguna dapat menjadi sumber wawasan berharga dalam memahami persepsi masyarakat terhadap layanan publik digital, sehingga membantu pengembang meningkatkan kualitas layanan dan mendukung transformasi digital yang lebih efektif di sektor publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...