Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Yang Terkait Dengan Operasi Hitung Pecahan Kelas III MI Miftahul Anwar

Rohmah, Sonia Jasmine (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Rulyansah, Afib (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan serta faktor penyebabnya di kelas III MI Miftahul Anwar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan dalam memahami konsep, prinsip, serta menyelesaikan soal cerita. Faktor penyebab kesulitan terdiri dari faktor internal, seperti minat dan motivasi belajar yang rendah serta keterbatasan intelegensi, serta faktor eksternal, seperti kondisi fisik yang kurang mendukung. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan ini mencakup pemberian latihan soal yang bervariasi, penggunaan media pembelajaran konkret, serta kerja sama dengan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...