Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Pengaruh Kemandirian Belajar, Aktivitas Belajar, Dukungan Orang Tua, Gaya Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi dan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas XI di SMAN 1 Air Pura

Wulandari, Fitricia (Unknown)
Dahen, Lovelly Dwinda (Unknown)
Selvia, Nisha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar, aktivitas belajar, dukungan orang tua, gaya mengajar guru, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan sampel 86 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Airpura tahun ajaran 2024/2025 yang diambil menggunakan teknik Proposional Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dan analisis data dilakukan dengan uji jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar, aktivitas belajar, dan gaya mengajar guru berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar, sementara dukungan orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, tetapi negatif terhadap hasil belajar. Motivasi belajar terbukti berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, penulis menyarankan agar upaya peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan memperbaiki kemandirian belajar, aktivitas belajar, dukungan orang tua, serta gaya mengajar guru, dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...