Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar, aktivitas belajar, dukungan orang tua, gaya mengajar guru, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan sampel 86 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Airpura tahun ajaran 2024/2025 yang diambil menggunakan teknik Proposional Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dan analisis data dilakukan dengan uji jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar, aktivitas belajar, dan gaya mengajar guru berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar, sementara dukungan orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, tetapi negatif terhadap hasil belajar. Motivasi belajar terbukti berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, penulis menyarankan agar upaya peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan memperbaiki kemandirian belajar, aktivitas belajar, dukungan orang tua, serta gaya mengajar guru, dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening.
Copyrights © 2025