Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Interferensi Bahasa Bugis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Sibulue Kabupaten Bone

Akbar, Fahril (Unknown)
Safar, Muh (Unknown)
Sua, Andi Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk interferensi bahasa Bugis dalam pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa bentuk kesalahan berbahasa atau interferensi bahasa yang ada dilingkungan pendidikan terkhusus dilokasi dilakukannya penelitian ini bertempat di SMPN 4 Sibulue Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah deskriptip kualitatif, dengan data dalam penelitian ini yaitu tuturan guru yang menagndung interferensi dalam proses pembelajaran dengan metode rekam, melakukan perekaman pada proses pembelajaran  dan catat untuk melakukan  pengumpulan data berupa tuturan yang mengandung interferensi atau kesalahan berbahasa. Hasil dari penelitian menunjukkan bentuk bentuk interferensi morfologis  bahasa Bugis yang terjadi dalam proses pembelajaran diSMPN 4 Sibulue, dengan hasil yang ditemukan yaitu kesalahan pada proses pembentukan kata atau morfologi berupa penggunaan afiks atau imbuhan dan  reduplikasi. Penggunaan imbuhan dalam bahasa Bugis yang digabungkan dengan penggunaan bahasa Indonesia menjadi kesalahan yang paling banyak ditemukan dalam penelitian ini, pengaruh lingkungan dan kebiasaan penggunaan bahasa Bugis menjadi salah satu penyebab hal ini terjadi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...