Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Strategi Pemasaran Digital dan Branding untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kuliner di Kecamatan Cilengkrang

Rianti, Andini Nissa (Unknown)
Sari, Amiliya Purnama (Unknown)
Setiawan, Wawan Lulus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi strategi pemasaran digital dan branding pada UMKM kuliner di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian adalah menganalisis posisi strategis dan merumuskan strategi pengembangan UMKM kuliner dalam konteks pemasaran digital. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian dilakukan terhadap 30 pedagang makanan yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis data menggunakan matriks IFAS, EFAS, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan UMKM berada pada posisi kuadran I (Growth Strategy) dengan skor IFAS 0.15 dan EFAS 0.12, mengindikasikan potensi pertumbuhan melalui optimalisasi kekuatan internal dan pemanfaatan peluang pasar digital. Strategi yang dirumuskan meliputi pengembangan platform digital, penguatan branding, dan perluasan jangkauan pasar melalui media sosial. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan model strategi pemasaran digital yang terintegrasi untuk UMKM kuliner.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...