Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Materi Enzim dan Metabolisme untuk Kelas XII Fase F SMA/MA

Laia, Despri Evida (Unknown)
Fitriani, Vivi (Unknown)
Sari, Liza Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil validitas E-Modul berbasis Project Based Learning pada materi Enzim dan Metabolisme untuk kelas XII Fase F SMA/MA. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin maju, dimana peserta didik lebih sering menggunakan smartphone untuk mencari referensi dibandingkan buku cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Reseach & Development) dengan model pengembangan 4D (four-D Models), terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap Develop yaitu pada uji validitas, data penelitian ini disperoleh dari angket validitas yang diberikan kepada 2 orang dosen dan 1 orang guru biologi. Hasil dari uji validitas didapatkan nilai rata-rata 85,71% dengan kriteria sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan E-Modul berbasis Project Based Learning pada materi Enzim dan Metabolisme yang sangat valid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...