Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 1 (2025): Irje 2025

Evaluasi Sistem Drainase untuk Penanganan Genangan Studi Kasus Lorong Anoa Kelurahan Tumpas Kecamatan Unaaha

Ridwan, M. Salsabil (Unknown)
Maladeni, Eva Safitri (Unknown)
Sambari, Villa Evadelvia Ginal (Unknown)
Sakti , Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Evaluasi Sistem Drainase Untuk Penanganan Genangan Studi Kasus Lorong Anoa Kelurahan Tumpas Kecamatan Unaaha bertujuan untuk mengidentifikasi factor faktor utama yang menyebabkan terjadinya genangan di Lokasi Studi, mengevaluasi Kondisi Sistem Drainase di Lokasi Studi dan mengevaluasi Sistem Pemeliharaan Saluran Drainase yang ada di Lokasi studi. Analisis Data dalam penelitian ini ialah menganalisa curah hujan maksimum pada periode ulang (tr) tahun dengan menggunakan rumus Rata Rata Aljabar kemudian menentukan distribusi frekuensi curah hujan yang akan dipilih (Distribusi Normal, Log Normal, Gumbel, dan Log Person III). Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu kapasitas Drainase tidak cukup untuk menampung debit air hujan Karena Saluran drainase mengalami penyumbatan akibat sedimentasi dan sampah. Selain itu hasil analisis perhitungan bahwa debit puncak yang terjadi melebihi kapasitas saluran drainase yang ada, sehingga sistem drainase tidak mampu mengalirkan udara secara efektif kemudian sistem pemeliharaan saluran drainase yang kurang efektif, baik dari segi frekuensi pembersihan maupun perbaikan saluran yang rusak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...