Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Audible Book untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Astuti, Dewi (Unknown)
Alim, Jesi Alexander (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model kooperatif yipe STAD berbantuan Audible book untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Secara khusus, penelitian berfokus pada perbandingan peningkatan literasi matematis  antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif berbantuan Audible book dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eskperimen dengan teknik pretest dan posttest Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan literasi matematis. Desain dalam penelitian adalah Quasi eksperimental pretest/posttes control group design yaitu penelitian yang menggunakan dua kelompok yakni kelas II D sebagai kelas eksperimen dan II B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian berupa nilai yang signifikan  sebesar 0,001 <0,05  yang berarti terdapat perbedaan nilai literasi matematis antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Audible book dalam meningkatkan literasi matematis siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...