Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Permainan Jumper Ball terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru

Bayel, Hardinan Haniel (Unknown)
Chairilsyah, Daviq (Unknown)
Satria, Defni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Kemampuan motorik kasar merupakan keterampilan dasar yang penting dalam perkembangan anak usia dini. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar adalah melalui permainan fisik yang terstruktur. Permainan Jumper Ball diyakini mampu merangsang koordinasi, keseimbangan, kekuatan, dan kelincahan anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan Jumper Ball terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 15 anak yang dipilih secara purposive sampling. Pengukuran kemampuan motorik kasar dilakukan dengan empat indikator utama, yaitu keseimbangan, kekuatan, kelincahan, dan koordinasi. Analisis data dilakukan menggunakan paired sample t-test dan perhitungan N-Gain Score untuk melihat efektivitas permainan Jumper Ball. Hasil pretest menunjukkan bahwa mayoritas anak berada dalam kategori Mulai Berkembang (MB) dengan skor rata-rata 41,11% dari skor ideal. Setelah diberikan intervensi permainan Jumper Ball, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan dengan skor rata-rata meningkat menjadi 83,61% dari skor ideal. Peningkatan terbesar terjadi pada aspek kekuatan (90%) dan keseimbangan (80%). Hasil uji statistik menunjukkan t-hitung sebesar 27,734 dengan p-value = 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, perhitungan N-Gain Score sebesar 72,17% menunjukkan bahwa permainan Jumper Ball termasuk dalam kategori sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Permainan Jumper Ball terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, permainan ini dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak. Oleh karena itu, integrasi permainan berbasis aktivitas fisik dalam kurikulum pendidikan anak usia dini sangat direkomendasikan untuk mendukung perkembangan fisik serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...