Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kelas V SD Negeri 015 Karya Sempurna, dengan subjek siswa kelas VA sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode Pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini, sebelum diberikan perlakuan terlebuh dahulu sampel diberikan pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran setelah diberikan perlakuan dilaksanakan posttest (tes akhir). Teknik pengumpulan data menggunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini dilihat dari Pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan rata-rata nilai pretest 61,63 dan rata-rata nilai posttest 83,13 menunjukkan pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengealami peningkatan. Terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), berdasarkan uji t (Paired Sample Test) bahawa Ha diterima dan Ho ditolak dengan sig (2-tailed) <0,001 yang mana <0,05 dengan uji N-Gain 0,597 yang termasuk dalam kategori sedang.
Copyrights © 2025