Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Pengetahuan Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar

Telaumbanua, Nurul Aulia (Unknown)
Noviana, Eddy (Unknown)
Fendrik, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kelas V SD Negeri 015 Karya Sempurna, dengan subjek siswa kelas VA sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode Pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan  desain One Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini, sebelum diberikan perlakuan terlebuh dahulu sampel diberikan pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran setelah diberikan perlakuan dilaksanakan posttest (tes akhir). Teknik pengumpulan data menggunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini dilihat dari Pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan rata-rata nilai pretest 61,63 dan rata-rata nilai posttest 83,13 menunjukkan pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mengealami peningkatan. Terdapat pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), berdasarkan uji t (Paired Sample Test) bahawa Ha diterima dan Ho ditolak dengan sig (2-tailed) <0,001 yang mana <0,05 dengan uji N-Gain 0,597 yang termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...