Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Irje 2025

Pengembangan Kurikulum Global Berbasis Kehidupan untuk Penguatan Pembelajaran Kontekstual di Perguruan Tinggi Melalui Pendekatan Bahasa Indonesia

Silaswati, Diana (Unknown)
Marlina, Emas (Unknown)
Taufik, Indra Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum global berbasis kehidupan sebagai upaya memperkuat pembelajaran kontekstual di perguruan tinggi, khususnya dalam penguasaan bahasa dan literasi, termasuk Bahasa Indonesia. Kurikulum ini dirancang agar mampu menjembatani isu global dengan kehidupan lokal mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis kehidupan yang integratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan studi pendahuluan, perancangan model, validasi ahli, revisi model, dan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor adalah 4,6 sehingga dapat dikatakan sangat baik atau layak untuk digunakan. Dengan demikian kurikulum ini memperkuat pembelajaran kontekstual melalui integrasi konten kehidupan nyata, kolaborasi masyarakat, serta pemanfaatan Bahasa Indonesia sebagai media ekspresi, refleksi, dan pemaknaan kehidupan global. Kurikulum ini juga mampu mendorong karakter mahasiswa yang produktif, kreatif, dan reflektif terhadap isu-isu global dan lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...