Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kesulitan memahami konsep-konsep sains secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang dipadukan dengan media Spinning Wheels guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Spinning Wheels terhadap hasil belajar peserta didik di MIS MMA 4 Sukabumi, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan total 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan kelas 5A sebagai kelas eksperimen (26 peserta didik) dan kelas 5B sebagai kelas kontrol (28 peserta didik). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Samples t-Test untuk menguji hipotesis. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model Learning Cycle 7E dengan media Spinning Wheels terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2025