Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 2 (2025): Irje 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Menggunakan Media Spinning Wheels Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas 5 MIS MMA 4 Sukabumi

Nuraisyah Nuraisyah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Sri Latifah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Ayu Reza Ningrum (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik kesulitan memahami konsep-konsep sains secara kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang dipadukan dengan media Spinning Wheels guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media Spinning Wheels terhadap hasil belajar peserta didik di MIS MMA 4 Sukabumi, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V yang terdiri dari dua kelas dengan total 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan kelas 5A sebagai kelas eksperimen (26 peserta didik) dan kelas 5B sebagai kelas kontrol (28 peserta didik). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji Independent Samples t-Test untuk menguji hipotesis. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model Learning Cycle 7E dengan media Spinning Wheels terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...