Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 7 No. 2 (2024): Desember 2024

ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KARTUN UPIN & IPIN

Putri Ageng Yoga (Universitas Nusantara PGRI kediri)
Nimas Khoirurohmatilah (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Erma Ayu Aprillia (Universitas Nusantara PGRI kediri)
Rian Damariswara (Universitas Nusantara PGRI kediri)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Strategi pembelajaran adalah suatu pola kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, guru sebagai pendukung dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus mampu menyusun strategi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran sangatlah penting, karena dengan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa, guru dapat dengan mudah menyampaikan materi pelajaran dan siswa juga akan mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini memuat strategi-strategi yang digunakan dalam serial Upin & Ipin sebagai bahan penelitian untuk mengkaji berbagai strategi yang diterapkan dalam kartun tersebut sebagai contoh untuk diterapkan oleh pembaca. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa pendekatan, model dan metode yang diterapkan dalam serial Upin & Ipin yang mengangkat tema “belajar sambil bermain”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...