Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 7 No. 1 (2024): Juni 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS XI-A SMA NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Arianti Arianti (Universitas Balikpapan)
Indah Ika Ratnawati (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerpan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Materi Teks Berita di Kelas XI-A SMA Negeri 6 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024, Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alokasi waktu 4 x 45 menit untuk masing-masing siklus. Hasil kemampuan berbicara siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 55,4% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,1%. Persentase kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 20,7%. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas XI-A SMA Negeri 6 Balikpapan. Objek dari penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa dengan metode Project Based Learning (PjBL).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...