DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa yang Mempunyai Fenomena Praktek Buli di SMKN 1 Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima

Israfil, Israfil (Unknown)
Fauzia, Erlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Fenomena bullying di lingkungan sekolah merupakan isu sosial yang sangat serius, terutama di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa di SMKN 1 Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, dengan penekanan pada bagaimana kontrol diri dapat mempengaruhi tindakan bullying.  Metode penelitian menggunakan teknik pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 200 siswa dari populasi 373 siswa di SMKN 1 Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima. Pengumpulan data dengan skala kontrol diri dan skala perilaku agresi. Analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan laporan KPAI (2025), terdapat peningkatan yang signifikan dalam jumlah kasus bullying di Indonesia, di mana sekitar 70% siswa melaporkan pernah mengalami atau menyaksikan tindakan bullying. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku agresif, termasuk pengalaman buruk di masa lalu, pengaruh teman sebaya, serta dukungan keluarga yang terbatas. Hasil analisis korelasi diperoleh hubungan yang negatif antar kontrol diri dengan perilaku agresi menunjukan hubungan negatif yang signifikan (r = -0,718, p<0,01). Dengan memahami peran kontrol diri, diharapkan dapat ditemukan strategi yang efektif untuk mengurangi perilaku agresif di kalangan siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan mendukung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...