DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 6 No. 2 (2025): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Hubungan Regulasi Emosi dengan Kecemasan pada Mahasiswa Semester Akhir STIKES Yahya Bima

Fauzia, Erlina (Unknown)
Israfil, Israfil (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara regulasi emosi dengan kecemasan di kalangan mahasiswa semester akhir di STIKES Yahya Bima. Mahasiswa berada pada tahap transisi yang penting, di mana mereka menghadapi tekanan akademik dan sosial yang signifikan. Regulasi emosi dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengelola dan mengarahkan emosi mereka dalam berbagai situasi. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan regulasi emosi yang baik cenderung mengalami tingkat kecemasan yang lebih rendah. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 150 mahasiswa semester akhir melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat regulasi emosi dan kecemasan. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dan kecemasan. mahasiswa semester akhir (β = -0.133, p = 0.045), yang mengindikasikan bahwa peningkatan kemampuan regulasi emosi dapat berpengaruh pada pengurangan tingkat kecemasan di kalangan mahasiswa. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan program dukungan psikologis di lingkungan akademik, guna membantu mahasiswa dalam mengelola emosi mereka dan mengurangi kecemasan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...