Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Evaluasi Program Pembelajaran Matematika di Jenjang SMK dengan Model CIPP

Gusti Putu Arya Arimbawa (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Aditya Widharma Satya Aditya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Tresna Windhu Windhu (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Indra Adhi Wikanta (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Sukra Warpala (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Kadek Suartama (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran matematika di SMK Dwijendra Denpasar secara komprehensif sehingga dapat menjadi rujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Evaluasi dilakukan dengan mengikuti model CIPP (context, input, process, product). Subyek penelitian berjumlah 102 responden yang tergolong menjadi tiga kelompok yaitu kelompok pendidik dan pengambil kebijakan, kelompok tenaga kependidikan, dan kelompok peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tertutup dengan lima rentangan jawaban. Data kuantitatif diolah dengan mengkategorikan skor berdasarkan rata-rata dan standar deviasi ideal kemudian mencari persentase pada masing-masing aspek. Hasil penelitian pada komponen context memperoleh kategori sangat baik pada aspek visi, misi, dan tujuan sekolah serta dukungan sekolah terhadap program pembelajaran matematika. Komponen input pada aspek dokumen kurikulum, sumber daya manusia, dan sarana prasarana dinilai sangat baik dan baik oleh ketiga kelompok reponden. Komponen process dinilai sangat baik pada aspek proses dan penilaian pembelajaran. Kemudian komponen product dinilai sangat baik dan baik pada aspek hasil belajar. Hasil evaluasi yang diperoleh mampu merekomendasikan beberapa upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan masing-masing aspek dalam komponen CIPP. Penelitian berikutnya diharapkan dapat mengkaji tentang evaluasi pembelajaran matematika pada sekolah vokasi lainnya dengan model, kelompok subyek yang mencapai pihak yayasan atau pihak eksternal sekolah, dan instrumen yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...