Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pengaruh Keteladanan Guru dan Program Pembiasaan Sekolah Terhadap Karakter Self-Leadership Siswa

Amirah Dwi Septiningrum (Universitas Negeri Jakarta)
R. Madhakomala (Universitas Negeri Jakarta)
Heru Santosa (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positif keteladanan guru dan program pembiasaan sekolah terhadap karakter self-leadership siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia di kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survey. Teknik analisa data yang digunakan adalah model statistik analisis jalur (path analysis). Responden dalam penelitian ini adalah 119 guru yang tersebar di lima SDIT yang tergabung kedalam JSIT Indonesia di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif keteladanan guru terhadap karakter self-leadership siswa sebesar 17,2%, artinya jika keteladanan guru ditingkatkan dan dioptimalkan maka karakter self-leadership siswa juga meningkat, 2) terdapat pengaruh positif program pembiasaan sekolah terhadap karakter self-leadership siswa sebesar 55,2%, artinya jika program pembiasaan sekolah ditingkatkan dan dioptimalkan maka karakter self-leadership siswa juga meningkat. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keteladanan guru dan program pembiasaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter self-leadership siswa di JSIT Duren Sawit Jakarta Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...