Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Program Ma’had Al-Jami’ah di Universitas Muhammadiyah Palopo

Makmur (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Muhammad Agil Amin (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Sulfikram (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Proses pelaksanaan pembinaan karakter mahasiswa melalui program Ma’had Al-Jami’ah di Universitas Muhammadiyah Palopo adalah kegiatannya dilaksanakan hari Senin-Kamis. Waktunya dilaksanakan setelah Sholat Dhuhur dan diabsen. Mahasiswa adalah semester I dan II. Pembinaan terfokus pada materi baca tulis al-Qur’an, Akhlak dan Ibadah. Dosen yang membina ada 9 orang dan mahasiswa senior yang aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang sudah menjadi Instruktur. Mahasiswa yang sudah bagus BTQnya mereka dibina pada program Tahfidz Al-Qur’an dan pada semester II materinya fokus pada materi akhlak dan Ibadah. Mahasiswa dibagi beberapa kelompok, dalam satu kelompok terdapat 10 dan 15 mahasiswa. Nilai karakter yang melekat pada diri mahasiswa setelah mengikuti program di Ma’had Al-Jami’ah di Universitas Muhammadiyah Palopo adalah Religius, Sopan, Disiplin dan Rajin. BTQ Tuntas dan hafal sampai 5 Juz. Faktor pendukung adanya kebijakan Rektor (Anggaran), sarana dan prasarana dan SDM yang tersedia. Faktor penghambatnya daya tampung Masjid terbatas dan masih ada Pendamping yang perlu diberikan metode pendampingan secara khusus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...