Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Open Source pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Riesto Atantio Fajri (Universitas Indraprasta PGRI)
Rina Hidayati Pratiwi (Universitas Indraprasta PGRI)
Hasbullah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran matematika perlu menerapkan media pembelajaran yang inovatif seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat agar minat dan motivasi siswa meningkat. Media pembelajaran e-learning berbasis open source akan menjadi salah satu jawaban dari permasalahan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis open source yang valid serta praktis guna memfasilitasi kegiatan pembelajaran peserta didik sehingga dapat meningkatkan soft skill siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan 4-D yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), serta disseminate (penyebaran). Hasil dari penelitian ini adalah produk pengembangan media pembelajaran berupa e-learning berbasis open source yaitu E-Learning Mathematics Laboratory: SPLDV yang berisikan menu-menu seperti beranda, halaman login, menu dashboard, menu home dan menu my course, Serta tingkat kelayakan media pembelajaran yang berasal dari uji validasi isi, validasi konstruk, uji respon guru dan uji kepraktisan media. Validasi isi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh tingkat validitas dengan persentase rata-rata 98,125% dengan kategori sangat valid, tingkat validasi konstruk oleh ahli media memperoleh tingkat validitas dengan persentase rata-rata 96,63% dengan kategori sangat valid, dan tingkat kepraktisan media melalui respon guru matematika memperoleh persentase sebesar 96,66% dengan kategori sangat praktis, serta keefektifan media yang diperoleh dari penilaian sepuluh siswa memperoleh persentase sebesar 98,89% dengan kategori sangat efektif. E-learning ini diharapkan mampu memfasilitasi kegiatan belajar siswa pada materi SPLDV dan membantu guru matematika pada proses kegiatan mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...