Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi unsur tantangan dan unsur strategi pada praktik-praktik supervisi akademik di sekolah-sekolah Indonesia yang muncul dalam periode 5 tahun terakhir (2019-2024) untuk memungkinkan penanggulangan yang cermat terhadap tantangan yang muncul dan peningkatan strategi supervisi akademik di masa mendatang. Pendekatan kualitatif model library research dengan metode scoping review digunakan. Pencarian data artikel dilakukan pada database Google Schoolar dengan bantuan Harzing’s Publish or Perish. Pengumpulan data tahap awal ini mengekstraksi 199 artikel. Tetapi filterisasi yang ketat melalui tiga tahapan dengan memperhatikan pemenuhan kriteria inklusi, mengeksklusi 188 artikel. Sehingga 11 artikel ditetapkan untuk ditinjau secara mendalam. Hasil penelitian mengidentifikasi, bahwa terdapat 18 unsur tantangan dan 22 unsur strategi yang muncul dalam praktik supervisi akademik pada sekolah-sekolah di Indonesia. Unsur tantangan paling besar didominasi oleh kategori domain manajemen kepegawaian yang menghambat supervisi akademik. Sedangkan unsur strategi didominasi oleh tiga kategori, yaitu strategi pengembangan tahapan dalam supervisi akademik, model keputusan transformtif kepala sekolah, dan pemanfaatan teknologi ke dalam supervisi akademik. Hasil penelitian ini menimbulkan implikasi yang besar bagi arah penelitian selanjutnya. Pertama, penelitian supervisi akademik di Indonesia yang sebelumnya cenderung berkutat pada pencarian korelasi antara supervisi akademik dengan kompetensi tertentu pada guru – dipromosikan agar berganti arah untuk mencari bukti korelasi antara domain manajemen kepegawaian guru dengan supervisi akademik. Kedua, Keputusan-keputusan transformatif kepala sekolah dan pemanfaatan teknologi yang mutakhir dalam kegiatan supervisi akademik perlu dikembangkan lebih lanjut.
Copyrights © 2024