Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Dampak Bullying Terhadap Siswa di Sekolah Menengah Pertama

Alya Mahyani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ali Daud Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengatasi dampak bullying terhadap siswa di SMP Swasta Pahlawan. Bullying di sekolah sering terjadi karena kurangnya pemahaman siswa tentang perilaku yang dapat menyebabkan tekanan pada teman sekelas. Perilaku ini dapat berdampak serius, termasuk kecemasan, depresi, penurunan prestasi akademik, dan isolasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK memiliki peran penting dalam memberikan layanan konseling individu dan mediasi antara korban dan pelaku bullying, sehingga membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa yang menjadi korban bullying. Hambatan yang dihadapi guru BK antara lain kurangnya waktu untuk konseling dan minimnya keterbukaan siswa dalam menyampaikan masalahnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...