Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengaruh Kesesuaian Materi Pembelajaran Facility Program Studi Manajemen Bandar Udara terhadap Capaian Lulusan di Tempat Kerja

Bambang Wijaya Putra (Politeknik Penerbangan Palembang)
Dwi Candra Yuniar (Politeknik Penerbangan Palembang)
Herlina Febiyanti (Politeknik Penerbangan Palembang)
M. Efaldes Syahputra (Politeknik Penerbangan Palembang)
Parjan (Politeknik Penerbangan Palembang)
Minulya Eska Nugraha (Politeknik Penerbangan Palembang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Salah satu kriteria penting untuk menilai pengembangan kualitas pendidikan adalah apakah materi pembelajaran sesuai dengan pencapaian alumni program studi MBU. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa penting materi pembelajaran untuk alumni yang masih bekerja. Fokus penelitian ini adalah alumni Politeknik Penerbangan Palembang, dengan penekanan khusus pada program studi Manajemen bandar udara. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan metode sampel purposive, jumlah sampel sebanyak 39 taruna. Ada dua variabel dalam penelitian ini: variabel terikat adalah materi pembelajaran, dan variabel bebas adalah capaian lulusan Program Studi Manajemen Bandar Udara (MBU). Analisis data menggunakan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linier, dan uji hipotesisi dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil dari penelitian ini pada uji hipotesis memperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari peneliltian ini adalah terdapat pengaruh kesesuaian materi pembelajaran facility program studi manajemen bandar udara terhadap capaian lulusan di tempat kerja. Kata kunci: capaian lulusan, pendidikan, tempat kerja

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...