Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Kertas Teka-Teki dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi

Meyvani Chintyandini (Universitas Muhammadiyah Malang)
Arif Setiawan (Universitas Muhammadiyah Malang)
Candra Rahmah Wijaya Putra (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu melihat adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan kertas teka-teki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni quasi-eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama enam bulan yaitu Agustus 2022 sampai Januari 2023 di SMA Negeri 1 Purwosari. Data dikumpulkan dari 40 siswa, dengan 20 siswa pada IPA 2 sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa pada IPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Dalam penelitian ini uji yang digunakan yakni uji-t menggunakan SPSS statistic 27. Hasil analisis data dari uji independent sampel t-test menunjukkan nilai thitung dan signifikansi 2-tailed pada variabel post-test adalah 9.731 dan 0.000. Nilai thitung dari kedua variabel tersebut lebih besar dari nilai ttabel (3.510 > 2.024 dan 9.731 > 2.024), sehingga H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran yang digunakan memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...