Penelitian ini berkontribusi dalam mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Kahoot sebagai asesmen untuk Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bertujuan untuk menelaah berbagai jurnal, buku referensi, dan karya ilmiah lainnya yang terkait dengan pemanfaatan aplikasi Kahoot sebagai media asesmen dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Data disajikan dan dianalisis menggunakan narasi deskriptif, studi kasus, analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi Kahoot saat PAT cukup mudah digunakan baik untuk guru dan siswa. Guru mudah dalam penginputan soal, sementara siswa mudah dalam pengoperasiannya. Kendala yang dihadapi adalah (1) masalah jaringan yang berbeda-beda di setiap siswa, (2) ada soal yang kurang lengkap, (3) layar ponsel yang kecil. Kata Kunci: Kahoot, asesmen, bahasa Indonesia
Copyrights © 2024