Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) melalui penerapan strategi Fun Integrated Learning (FIL) yang mengintegrasikan keterampilan 6C dengan multimedia interaktif dan kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D, yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Urgensi penelitian ini terletak pada minimnya penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran, pentingnya pengembangan karakter peserta didik, serta relevansi strategi pembelajaran dengan konteks lokal untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad ke-21. Multimedia interaktif yang digunakan dalam penelitian ini menggabungkan teks, grafik, video, animasi, dan suara, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi FIL berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan nilai budaya dan keterampilan kewarganegaraan peserta didik, khususnya di kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dengan demikian, pengembangan strategi FIL 6C berbasis multimedia interaktif kearifan lokal NTT menjadi sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.
Copyrights © 2024