Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan di Era Society 5.0: Menerapkan Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Ahsyabila Fazira (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dasim Budimansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Mahpudz (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Berdasarkan survei saat ini dunia sudah memasuki era Society 5.0 sehingga kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kecerdasan buatan dirancang bukan hanya untuk memudahkan pekerjaan manusia bahkan agar kelak dapat menggantikan peran seorang pendidik. Maka, pendidikan kewarganegaraan terlibat berperan penting dalam menyelesaikan berbagai tantangan perubahan sosial di era Society 5.0. Sebab masyarakat di era 5.0 adalah masa dimana teknologi dan manusia meningkat dengan saling terhubung dan berinteraksi. Oleh sebab itu dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan perlu senatiasa mengembangkan keterampilan dan sikap yang dapat membantu individu untuk hidup dalam masyarakat yang semakin kompleks dan dinamis. Dalam konteks ini, pendidikan kewarganegaraan membantu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Hal tersebut selaras dengan filosofi pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara yang sangat fundamental dalam membentuk visi pendidikan kewarganegaraan di era Society 5.0. Karena Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu ikon dalam bidang pendidikan Indonesia, maka beliau mempunyai gagasan yang baik mengenai perkembangan pendidikan Indonesia di masa depan, termasuk relevansinya terhadap kajian Pendidikan Kewarganegaraan di era society 5.0. Dengan mengintegrasikan pendekatan konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara di era Society 5.0, diharapkan kajian pendidikan kewarganegaraan dapat lebih efektif merancang generasi penerus bangsa yang dapat menyesuaikan diri dengan perubahan global, dan memiliki kesadaran akan nilai-nilai kemanusiaan, serta mampu menggunakan teknologi untuk memajukan masyarakat secara inklusif dan berkelanjutan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi fenomenologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...