Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Manajemen Strategis Kurikulum di Era Digital: Systematic Literature Review

Listiyani Siti Romlah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Latiful Wahid (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Wakidi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Badruddin (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rahmad Purnama (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Di era digital, manajemen strategi kurikulum memerlukan pendekatan yang luas yang menggabungkan inovasi teknologi dan metode pendidikan kreatif untuk mengatasi lanskap pendidikan yang berubah. Manajemen pendidikan telah berubah karena era digital. Untuk tetap efektif dan relevan, lembaga pendidikan harus menggunakan strategi yang fleksibel dan inovatif. Salah satu strategi utama untuk mengelola kurikulum adalah menggunakan teknologi seperti platform digital dan e-learning, yang meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Studi sebelumnya tentang strategi manajemen kurikulum di era digital untuk mendukung inovasi pendidikan dibahas dan disatukan dalam penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang relevan tentang pengembangan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan di era digital melalui pemahaman yang lebih dalam tentang strategi manajemen kurikulum dan adaptasi teknologi dalam proses pendidikan. Untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis temuan penelitian sebelumnya tentang manajemen strategi kurikulum di era digital, penelitian ini menggunakan metode Sistematic Literature Review (SLR). Metode ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan bukti dari berbagai studi sebelumnya secara sistematis dan terorganisir, yang menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang subjek yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi yang tepat untuk manajemen kurikulum di era digital dapat meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Manajemen strategi kurikulum di era digital sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan tetap relevan dan fleksibel terhadap perubahan teknologi yang cepat. Dengan transformasi digital, lembaga pendidikan sekarang dapat menggunakan teknologi dalam kurikulum mereka, yang memungkinkan pengalaman belajar yang lebih kolaboratif, fleksibel, dan individual. Namun, masalah seperti kurangnya literasi digital, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan akses teknologi masih perlu diatasi. Kata kunci: Manajemen Startegis Kurikulum, Transformasi Digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...