Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Peran Guru Penggerak Mendukung Peningkatan Pendidikan Indonesia dengan Kurikulum Merdeka Belajar

Timotius Dwiki Meglona Hutabarat (Universitas Sumatera Utara)
Ivanna Septianna Panjaitan (Universitas Sumatera Utara)
Hari Fana Riki Ulfakh Sinaga (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan ingin memahami keterlibatan Guru Penggerak dalam pendidikan Merdeka Belajar demi mendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan program Guru Penggerak di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan 12 artikel terdahulu tentang peran Guru Penggerak. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi literatur. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan dari jurnal-jurnal yang terbit dalam 5 tahun terakhir adalah Guru Penggerak adalah pemimpin dan pembimbing bagi siswa, Guru Penggerak harus kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran, dan Guru Penggerak adalah sosok mandiri menjadi penggerak bagi sesama rekan guru (agent of change). Berdasarkan hasil pemaparan tersebut bahwa Program Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar ini dinilai efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Guru Penggerak menjadi penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan tidak hanya dari segi intelektual, juga kepada peningkatan kualitas moral dan etika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...