Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Total Quality Management untuk Mewujudkan Perguruan Tinggi Bermutu

Teguh Trianung (Universitas Negeri Jakarta)
Handyka Oktra Rajagukguk (Universitas Negeri Jakarta)
Albert (Universitas Negeri Jakarta)
Dian Sartika (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Perguruan tinggi adalah ujung tombak pembangunan peradaban sebuah bangsa. Perguruan tinggi memegang peran sentral terhadap kemajuan dan martabat bangsa. Perguruan tinggi bermutu menjadi titik awal pengembangan riset dan inovasi yang bermuara pada kualitas hidup yang lebih baik. Melalui perguruan tinggi, mutu pendidikan dan riset menjadi dorongan dalam memberikan sumbangsih nyata terhadap perkembangan teknologi yang membantu proses kehidupan. Total quality management (TQM) adalah satu formulasi yang digunakan untuk mengidentifikasi mutu sebuah subjek. TQM dapat menjadi salah satu parameter untuk menentukan mutu perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan yakni literatur review untuk memperoleh informasi secara menyeluruh dan mendalam. Dalam sejarahnya Total Quality Management (TQM) menjadi sebuah saran maupun alternatif yang dapat memberikan indikator mutu suatu produk. Implementasi Total Quality Management (TQM) juga perlu dilakukan dan dikaji terhadap lembaga pendidikan sebagai bentuk dari upaya peningkatan kualitas pendidikan. TQM pada dasarnya adalah upaya mengubah manajemen rasional tradisional terhadap manajemen rasional modern sebagai salah satu elemen pengambilan keputusan berdasarkan fakta. Dengan menggunakan dimensi TQM ini maka sebagai formulasi dapat digunakan sebagai parameter bagi perguruan tinggi dalam mengoptimalkan mutu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...