Penelitian ini dilakukan untuk mendisripsikan kinerja guru Akidah Akhlak dalam mengelola kelas. Pendekatan-pendekatan dalam mengelola kelas, dan hambatan dalam mengelola kelas, pendekatan-pendekatan dalam mengelola kelas, dan hambatan guru dalam mengelola kelas. Penelitian ini mengginakan metode kualitatif dengan pemaparan data yang deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa kinerja guru Akidah Akhlak dalam mengelola kelas di MTs Asthoffaina cukup baik dengan memperhatikan aspek-aspek pengelolaan kelas, yaitu mengatur posisi tempat duduk peserta didik, mempersiapkan psikologi dan fisik sebelum mengikuti proses pembelajaran, dan memperhatikan respon peserta didik. Kemudian guru Akidah Akhlak juga melakukan beberapa pendekatan dalam pengelolaan kelas, seperti pendekatan sosio emosi, pendekatan otoriter, dan pendekatan perubahan tingkah laku. Terdapat hambatan yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak dalam mengelola kelas seperti tingkah laku peserta didik yang kurang disiplin, sarana prasarana yang belum memadai, dan kurangnya waktu yang diperlukan dalam mengelola kelas.
Copyrights © 2024