Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Control dalam Mengurangi Perilaku Bolos Siswa

Aryanti Devi Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yenti Arsini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Dunia pendidikan dihadapkan berbagai permasalahan siswa yang dapat mengganggu proses pendidikan yang dijalaninya, tidak hanya permasalahan dalam memahami materi pelajaran saja namun siswa juga mengalami permasalahan dalam kehidupan pribadi dan sosialnya seperti, siswa mempunyai hubungan yang buruk dengan siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control terhadap perilaku bolos siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Muallimin UNIVA Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa, dan diambil dari kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Muallimin UNIVA Medan. Hasil penelitian menunjukkan terbukti melalui hasil analisis uji t (Paired Sample t-Test) diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pada pemberian layanan konseling kelompok teknik self control. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control terhadap perilaku bolos siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...