Dunia pendidikan dihadapkan berbagai permasalahan siswa yang dapat mengganggu proses pendidikan yang dijalaninya, tidak hanya permasalahan dalam memahami materi pelajaran saja namun siswa juga mengalami permasalahan dalam kehidupan pribadi dan sosialnya seperti, siswa mempunyai hubungan yang buruk dengan siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control terhadap perilaku bolos siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Muallimin UNIVA Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa, dan diambil dari kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Muallimin UNIVA Medan. Hasil penelitian menunjukkan terbukti melalui hasil analisis uji t (Paired Sample t-Test) diperoleh Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pada pemberian layanan konseling kelompok teknik self control. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control terhadap perilaku bolos siswa.
Copyrights © 2024