Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Masuk Mahasiswa Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa

Khairun Nisa Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Toni Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan status masuk mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiah dan keguruan universitas UIN Sumatera Utara, Pada penelitian ini, metode yang diperlukan yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional, objek penelitian ini adalah Universitas Islam Negri Sumatra Utara, yang terletak di Jalan Wiliam Iskandar Pasar V Medan, Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas ilmu tarbiah dan keguruan tahun masuk 2020-2022 yang berada di UIN Sumatra Utara, dengan jumlah 3.385 mahasiswa, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah slovin dengan jumlah sampel sebesar 385 mahasiswa, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regressi linier berganda, adapun hasil penelitian ini adalah Dalam penelitian ini variabel X1 (Motivasi Belajar) memiliki nilai t sebesar 4.248 dan taraf signifikansi sebesar 0.013 artinya dalam penelitian ini Motivasi Belajar bepengaruh signifikan terhadap IPK sebab nilai signifikansi 0.013 < 0.05. Dalam penelitian ini variabel X1 (Jalur Masuk) memiliki nilai t sebesar 9.476 dan taraf signifikansi sebesar 0.013 artinya dalam penelitian ini Jalur Masuk bepengaruh signifikan terhadap IPK sebab nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Dalam penelitian ini f hitung bernilai sebesar 46.693 dan taraf signifikan sebesar 0.000 hal ini menunjukkan bahwa secara simultan Jalur Masuk dan Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap IPK sebab taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0.05

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...