Penelitian ini mengkaji implikasi transformasi budaya organisasi dalam pengembangan sumber daya manusia pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Al Amiriyah Blokagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dan sumber informal penelitian dilakukan kepada kepala madrasah, guru, TPM (Tim Pengendali Mutu) dan siswa. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan dan workshop, program mentoring dan coaching, serta kegiatan spiritual dan keagamaan. Pelatihan dan workshop yang fokus pada metodologi pengajaran berbasis Islam dan teknologi pendidikan meningkatkan kompetensi guru, sementara mentoring dan coaching memberikan dukungan berkelanjutan dalam pengembangan profesional dan kepemimpinan. Selain itu, kegiatan spiritual dan keagamaan meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen guru terhadap nilai-nilai Islam. Sehingga, integrasi ketiga pendekatan ini membentuk fondasi kokoh untuk transformasi budaya organisasi dalam pendidikan Islam, meningkatkan kompetensi dan kepuasan kerja guru. Kata kunci : Sumber daya Manusia, Pendidikan Islam, Budaya Organisasi.
Copyrights © 2025