Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Nilai-Nilai Falsafah Sunan Drajat dalam Pembentukan Budaya Sekolah Tingkat Dasar: Kajian Glokalisasi Pendidikan

Rinatul Khumaimah (Universitas Negeri Surabaya)
Neni Mariana (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Salah satu upaya untuk membendung ekspansi budaya luar ke dalam kehidupan Masyarakat (sebagai dampak globalisasi) bisa dilakukan dengan memperkuat identitas budaya dan menanamkannya sejak dini. Glokalisasi nilai-nilai falsafah Sunan Drajat dalam membentuk budaya satuan Pendidikan dasar memberikan kontribusi pada penguatan identitas budaya dan warisan bangsa. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka yang bertujuan untuk mendeskripsikan aspek glokalisasi penerapan nilai-nilai falsafah Sunan Drajat pada pembentukan budaya sekolah Tingkat dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa penelitian ini berkontribusi pada transformasi glokalisasi Pendidikan antara lain; 1. Siswa mendapatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan global dari pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler; 2. Siswa mengenal salah satu budaya bangsa yakni ajaran pepali pitu dalam falsafah Sunan Drajat dan menginternalisasinya dalam bentuk karakter yang menggambarkan kearifan lokal ajaran wali sanga. Temuan dalam artikel ini adalah menghasilkan cara efektif membangun budaya positif disekolah berbasis falsafah Sunan Drajat. Penelitian berikutnya perlu untuk mengeksplorasi secara mendalam dalam bentuk studi kasus tentang nilai-nilai dan implementasi falsafah Sunan Drajat dalam pembentukan budaya sekolah tingkat dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...