Pembinaan akhlak dilakukan dengan terus menerus dan dapat menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah metode keteladanan. Tujuan dari penelitian ini dapat mengetahui bagaimana pembinaan akhlak terpuji melalui program Mabit dengan metode keteladan dan apa saja aspek yang memengaruhi pembinaan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus menjadi teladan dan contoh yang baik bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya seputar sikap disiplin, manajemen waktu, dan ketertiban. Akan tetapi juga tentang ibadah kepada Allah, menjaga tutur kata, cara berpakaian, tanggung jawab, dan masih banyak lagi.Kemudian, aspek yang memengaruhi pembinaan akhlak adalah aspek keluarga, lingkungan atau pertemanan, sekolah, guru, dan lain-lain.
Copyrights © 2024