Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Pembinaan Akhlak Terpuji melalui Program Mabit dengan Metode Keteladanan

Alifian Nurush Sholahuddin (Institut Islam Mamba’ul ’Ulum Surakarta,)
Mulyanto Abdullah Khoir (Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Pembinaan akhlak dilakukan dengan terus menerus dan dapat menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah metode keteladanan. Tujuan dari penelitian ini dapat mengetahui bagaimana pembinaan akhlak terpuji melalui program Mabit dengan metode keteladan dan apa saja aspek yang memengaruhi pembinaan akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus menjadi teladan dan contoh yang baik bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya seputar sikap disiplin, manajemen waktu, dan ketertiban. Akan tetapi juga tentang ibadah kepada Allah, menjaga tutur kata, cara berpakaian, tanggung jawab, dan masih banyak lagi.Kemudian, aspek yang memengaruhi pembinaan akhlak adalah aspek keluarga, lingkungan atau pertemanan, sekolah, guru, dan lain-lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...