Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses adaptasi dan pembentukan habitus pembelajaran digital pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi di Univeristas Negeri Padang selama masa transformasi pembelajaran daring. Fokus utama penelitian ini adalah mengkaji bagaimana mahasiswa sosiologi yang terbiasa dengan pembelajaran berbasis lapangan dan interaksi langsung dengan masyarakat, dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran digital yang menuntut pendekatan berbeda dalam memahami realitas sosial. Teori habitus oleh Piere Bourdieu digunakan sebagai kerangka analitis untuk memahami proses pembentukan kebiasaan baru dalam konteks pembelajaran digital. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh melalui analisis sistematis terhadap berbagai literatur, dokumen pembelajaran, jurnal penelitian terkait yang relevan dengan pembelajaran digital dalam konteks pendidikan sosiologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses adaptasi dan pembentukan habitus digital dalam pembelajaran sosiologi mengalami perubahan yang signifikan diataranya pertama, Adaptasi mahasiswa terhadap pembelajaran digital menunjukan respons yang beragam mulai dari kemampuan literasi digital serta dukungan dari lingkungan belajar. Kedua, Pergeseran nilai dan praktik pembelajaran. Ketiga, Pembentukan habitus digital memberikan pengaruh mahasiswa memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep sosiologi. Kata kunci: Habitus, Pembelajaran Digital, Transformasi Pendidikan
Copyrights © 2024