Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 001 Des (2024): Didaktika: Jurnal Kependidikan (Special Issue 2024)

Integrasi Nilai Islam dan Pluralisme dalam Pendidikan IPS untuk Membentuk Sikap Pluralis Siswa

Basiah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sakti Ritonga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam membentuk sikap pluralisme siswa di SMP IT Al Hijrah melalui pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan prinsip-prinsip pluralisme. Dalam konteks masyarakat Indonesia yang multikultural, pendidikan IPS memiliki potensi strategis untuk menanamkan sikap saling menghargai, toleransi, dan keterbukaan terhadap perbedaan. Dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melakukan observasi, wawancara dengan guru IPS, dan analisis dokumen kurikulum guna memahami strategi pengajaran yang diterapkan dalam menanamkan sikap pluralisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang menggabungkan nilai-nilai Islam dengan konsep pluralisme efektif dalam memupuk sikap menghargai perbedaan agama, budaya, dan sosial di kalangan siswa. Guru IPS di SMP IT Al Hijrah menggunakan metode pembelajaran yang mengedepankan diskusi dan kerja sama untuk mengembangkan karakter siswa yang inklusif dan menghargai keberagaman, sehingga pendidikan IPS tidak hanya menjadi sarana penyampaian pengetahuan, tetapi juga alat untuk membentuk sikap pluralisme yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...