Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 1 Februari (2025): Didaktika Jurnal Kependidikan

Pembentukan Nilai-Nilai Toleransi dengan Pembelajaran Kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid

Haerullah (Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta)
Mulyanto Abdullah Khoir (Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembentukan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid di Ma’had Aly Imam Bukhari, Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara terstruktur dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Data diperoleh dari dosen, mahasiswa, dan alumni untuk memahami proses pembelajaran dan implementasi nilai toleransi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab ini menanamkan nilai-nilai toleransi seperti menghargai perbedaan antar mazhab, bersikap adil dalam menilai pendapat, saling menghormati, keterbukaan terhadap perbedaan, serta memberi uzur terhadap kekeliruan. Mahasiswi diajarkan untuk tidak saling menyalahkan dan menghindari fanatisme, menciptakan suasana belajar yang inklusif dan harmonis. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan pemahaman mengenai batasan toleransi dan sikap fanatisme terhadap mazhab tertentu. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai peran kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid dalam membentuk generasi yang mampu mengelola keberagaman pendapat dengan bijak. Kata kunci: pembentukan nilai-nilai toleransi, Bidayatul Mujtahid, Ma’had Aly Imam Bukhari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...