Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 4 Nopember (2024): Didaktika Jurnal Kependidikan

Peran Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Peserta Didik Kelas I di Sekolah Dasar

Rani Novita (Universitas Negeri Semarang)
Sri Wardani (Universitas Negeri Semarang)
Nuni Widiarti (Universitas Negeri Semarang)
Decky Avrilianda (Universitas Negeri Semarang)
Bambang Subali (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pola asuh orang tua dan peran wali kelas terhadap tingkat kemandirian peserta didik kelas I di SDS Puri Artha, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas orang tua (73,91%) mengimplikasikan pola asuh demokratis, di mana orang tua memprioritaskan kepentingan anak tetapi tetap mendisiplinkannya sesuai kemampuan. Namun, pola asuh ini tidak sepenuhnya konsisten karena orang tua terkadang bersikap permisif atau otoriter dalam situasi tertentu. Hasil observasi menunjukkan bahwa hampir seluruh peserta didik (89,13%) sudah mandiri, baik dalam pembelajaran maupun sosialisasi di sekolah. Kemandirian ini dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang baik, serta pola asuh demokratis berperan penting untuk meningkatkan kemandirian anak. Faktor lingkungan, karakteristik sosial, dan hubungan orang tua-anak juga mempengaruhi kemandirian. Pola asuh yang tidak tepat bisa menghambat perkembangan mental serta kemandirian anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...